Jumat, 05 April 2013

Unorthodox Jukebox
Gadis Musik

Ada 10 track di dalam album kedua Bruno Mars yang diberi judul Unorthodox Jukebox ini. "It turned into this soulful, experimental, electronic, hard-to-explain thing... That's the reason behind the album title," ujar Bruno ketika ditanya tentang alasan pemberian nama albumnya. Nggak heran jika album ini penuh kejutan di tiap track-nya.

Ada nuansa tahun 1980-an ketika mendengarkan lagu-lagu yang ada dalam album yang rilis pada 6 Desember 2012 lalu tersebut. Apalagi, ketika mendengarkan singel perdana di album ini, Locked Out of Heaven. Lagu ini mengingatkan GADIS pada band lawas The Police. Begitu pula ketika mendengarkan lagu Treasure yang groovy. Lagu ini mengingatkan pada musik yang dibawakan oleh band lawas Wham!.

Bagi yang suka tipe lagu seperti It Will Rain, dengarkan track 1 di album ini, yaitu Young Girls dan track 6, When I Was Your Man. Soalnya, mood ketiga lagu tersebut mirip. Berbeda dengan ketika mendengarkan Show Me di track 8. Lagu ini kental dengan warna reggae. Rasakan pula sentuhan musik pop dengan bunyi-bunyian synthesizer di lagu Money Make Her Smile.

Hits ciamik lain di album ini adalah Moonshine. Di lagu tersebut Bruno berkolaborasi dengan DJ asal Inggris Mark Ronson dan vokalis band Miike Snow, Andrew Wyatt. Penyuka lagu Somebody To Love Me yang dipopulerkan oleh Mark Ronson dan Andrew Wyatt pas banget mendengarkan Moonshine. Soalnya, dua lagu tersebut juga memiliki mood yang serupa.

Album Unorthodox Jukebox menunjukkan bahwa penyanyi kelahiran 8 Oktober 1985 ini nggak mau bermusik di zona nyaman. Walaupun tetap mengusung musik pop, Bruno mampu memadukannya dengan warna-warna musik lain, sehingga terdengar unik dan eksperimental. Tapi, memang harus diakui bahwa mendengarkan lagu di album kedua ini tidak semudah seperti mencerna lagu-lagu yang ada di album Doo-Wops & Hooligans.

Unorthodox Jukebox
Kategori: CD
Artis: Bruno Mars
Label: Warner Music Indonesia, 2012

Fransiska Soraya – Foto: Warner Music Indonesia

http://www.gadis.co.id/gosip/musik/unorthodox.jukebox/001/017/8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar