Kamis, 04 April 2013


foursquare

foursquare adalah sebuah situs web jejaring sosial berbasis lokasi yang bergantung pada perangkat lunak untuk peralatan bergerak. Layanan ini tersedia kepada pengguna dengan peralatan bergerak yang dilengkapi GPS, seperti telepon pintar. Pengguna "check-in" (cek masuk) di berbagai tempat melalui situs web bergerakpesan teks atau aplikasi tertentu dengan menjalankannya dan memilihnya dari daftar tempat terdekat yang dilacak oleh aplikasi tersebut. Setiap cek masuk memberi pengguna poin dan "badge" (lencana).
Layanan ini dibuat tahun 2009 oleh Dennis Crowley dan Naveen Selvadurai. Crowley sebelumnya telah mendirikan proyek sejenis bernama Dodgeball sebagai proyek tesis kelulusannya pada jurusan Interactive Telecommunications Program (ITP) di New York UniversityGoogle membeli Dodgeball pada 2005 dan membubarkannya pada 2009, kemudian digantikan oleh Google Latitude. Interaksi pengguna Dodgeball didasarkan pada teknologi SMS, bukan aplikasi.
Foursquare adalah keluaran kedua dengan ide yang sama bahwa orang-orang dapat menggunakan peralatan bergerak mereka untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Pada April 2011, perusahaan ini memiliki 8 juta pengguna terdaftar.

Daftar isi

  • 1 Definisi
  • 2 Sejarah
  • 3 Fitur-Fitur
    • 3.1 Check in
    • 3.2 Poin
    • 3.3 Badges
  • 4 Pranala luar

Definisi

Foursquare adalah sebuah situs web dan aplikasi dari telepon selular yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan teman mereka dan secara langsung check-in lokasi terbaru mereka. Foursquare hanya bisa digunakan padaIphoneAndroid , Blackberry, Palm Pre dan telepon selular lain yang menawarkanaplikasi mobile web. Check-in di dalam foursquare adalah ketika pengguna memberitahu foursquare dimanakah dia berada . Check-in bisa dilakukan dimana saja, di restoran, museum, taman kota, atau di universitas. Pada saat anda melakukan check-in maka anda akan diberikan sebuah poin. Poin juga bisa didapatkan dengan menambah lokasi baru yang belum ada di dalam situs webFoursquare. Pengguna foursquare juga dapat check-in lokasi terbaru mereka sekaligus juga memberikan komentar tentang lokasi tersebut . Foursquare bekerja sama dengan Facebook dan juga Twitter, jadi jika pengguna check-in maka akan otomatis terdapat pada account Facebook dan Twitter. Pada Iphone versi 1.3, pengguna Foursquare dapat mengetahui check-in dari teman mereka yang dikenal dengan nama “Ping”. Pengguna juga bisa mendapatkan sejumlah badges yang bisa diartikan sebagai pangkat dengan check-in di tempat-tempat yang direkomendasikan dari situs atau mengunjungi sebuah lokasi dengan intensitas yang tinggi. Mayor adalah sebuah pangkat yang akan diberikan oleh situs web ini apabila anda telah check-in di satu lokasi dengan intensitas yang tinggi. Dan jika pengguna lain telah mengalahkan intensitas anda dalam check-in di lokasi tersebut maka dialah yang akan dinobatkan sebagai seorang Mayor yang baru. Banyak penawaran yang didapat bila anda adalah seorang mayor dari sebuah lokasi. Di dalam situs ini, pengguna juga bisa membuat sebuah list dari hal-hal yang akan dikerjakan (to do list) untuk kepentingan pribadi dan juga memberikan tips tentang lokasi tersebut sehingga pengguna lain bisa membacanya. Tips ini bisa berupa saran tentang apa yang sebaiknya dilakukan, dilihat, atau dimakan pada lokasi tersebut. Off the Grid check-in adalah sebuah check-in yang dilakukan pengguna secara rahasia karena pengguna tersebut tidak mau lokasinya diketahui oleh pengguna lain. tolol

Sejarah

Foursquare diciptakan pada tahun 2009 dengan ketersediaan yang terbatas , yaitu hanya untuk 100 area perkotaan. (AmsterdamAtlantaAustin, TexasBoston,ChicagoDallas / Fort WorthDenverDetroitHelsinkiHoustonLas Vegas,LondonLos AngelesMiamiMinneapolis / Saint PaulNew York CityPittsburgh,PhiladelphiaPhoenixPortlandSan DiegoSan FranciscoSeattleToronto,DC,Seoul, dan Bombay ). Dan pada Januari tahun 2010, situs web ini bisa diakses tanpa batasan daerah sehingga berkembang menjadi 500.000 pengguna. Pada tanggal 21 Maret 2010 yang dinobatkan sebagai ulang tahun Foursquare, telah terdapat lebih dari 500.000 pengguna, lebih dari 1.000.000 badges yang sudah diberikan, lebih dari 1.400.000 tempat yang 1200 diantaranya memberikan penawaran spesial, dan telah terjadi lebih dari 15,5 juta check-ins

Fitur-Fitur

Check in

Adalah fitur yang disediakan Foursquare bagi penggunanya untuk memberitahukan dimana posisi mereka saat ini. Anda hanya perlu log in, memilih nama tempat Anda berada sekarang dan klik check-in, hanya dalam beberapa detik semua teman Anda akan mengetahui keberadaan Anda, apa nama tempat tersebut beserta alamat lengkapnya.
Dengan banyaknya pengguna di jejaring sosial ini, otomatis koleksi lokasinya pun beragam. Hal ini juga dapat dimanfaatkan bagi Anda, pengguna yang ingin mencari tempat menarik untuk dikunjungi [6]

Poin

Poin bisa didapat melalui check-in dalam situs web ini. Pengguna bisa mendapatkan poin saat pertama kali check-in atau menambah suatu tempat baru di dalam situs web Foursquare. Foursquare juga menampilkan sebuah list di situs web nya agar kita bisa melihat siapakah dari pengguna situs ini yang sudah mendapatkan poin tertinggi dalam “Leaderboard”. “Leaderboard” ini akan di program ulang setiap Minggu malam pukul 12.00.
Pemberian Poin :
  • +5 poin untuk pertama kali pengguna melakukan check-in
  • +5 poin saat pengguna menambah suatu lokasi baru yang belum ada di situs web
  • +1 poin saat pengguna melakukan check-in
Pada Desember 2009, poin-poin ini disumbangkan untuk kegiatan amal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar