Jumat, 05 April 2013

Menghindari Kulit Bersisik

Duh, kok kulit jadi gatal, kering dan bersisik, sih? Hmm, ternyata kulit bersisik terjadi karena hilangnya lapisan kulit luar (epidermis) yang membuat kulit jadi nggak elastis. Penyebabnya yaitu kurang asupan air (dehidrasi), malas pakai lotion, perubahan cuaca yang ekstrim dan regenerasi lapisan kulit yang terlalu cepat. Kalau dibiarkan, kulit bersisik bisa jadi sarang penyakit lho, seperti eksim dan ruam (peradangan pada kulit). Lalu, gimana ya biar kulit nggak bersisik?

  • Pakai lotion atau pelembab kulit setiap hari. Pilih pelembab atau lotion yang mengandung AHA, vitamin C, dan vitamin E untuk menjaga kelembapan kulit kita.
  • Saat beraktivitas di luar rumah, gunakan tabir surya dengan SPF 15. Aplikasikan setiap 2-3 jam sekali agar kulit terhindar dari sengatan sinar matahari yang memicu kulit kering. Penggunaan tabir surya juga mengurangi resiko kanker kulit
  • Pijat tubuh dengan minyak zaitun. Pijatan ini akan memproduksi minyak dalam tubuh sekaligus memperlancar sirkulasi darah kita. Sementara, minyak zaitun berkhasiat menjaga kulit agar nggak pecah-pecah dan kasar. Sehingga, kulit nggak mudah kering dan berkeriput.
  • Suhu yang terlalu dingin juga bisa membuat kulit menjadi lebih kering. Atur suhu AC di ruangan kita pada suhu normal antara 24-27 derajat Celcius untuk amannya.
  • Minum air putih minimal 2 liter/hari agar tubuh nggak kekurangan cairan. Kulit pun jadi lebih sehat dan nggak kusam.
  • Konsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung vitamin A, nutrisi bagi kulit. Vitamin A banyak terdapat pada buah-buahan berwarna merah dan kuning, seperti wortel, cabe, pisang dan pepaya.
  • Rajin berolahraga. Olahraga bisa membuat kulit jadi lebih segar, sehat, dan kencang. Biasakan olahraga ringan 3 kali seminggu, selama 30 menit, misalnya jogging atau sekedar jalan pagi.
  • Kurangi kebiasaan mandi dengan air panas terlalu lama. Karena air panas bisa mengikis minyak alami dari kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar