Jumat, 05 April 2013

Tentang Si Ikan Buntal


Gadis Aksi

Ikan ini dikenal karena bentuknya yang lucu ketika menggembung. Tapi, nggak banyak yang tahu kalau ternyata ikan yang dikenal dengan nama blowfish ini termasuk berbahaya. Soalnya ada racun pada setiap duri yang keluar ketika ikan ini menggembung. Kenalan sama hewan laut yang unik ini, yuk!

Ikan mungil pemakan daging
Ikan yang kelihatannya imut ini ternyata termasuk dalam kelompok karnivora atau pemakan daging. Tinggal di wilayah Samudera Hindia, Atlantik dan Pacific, ikan buntal punya gigi yang menyatu dan tajam yang dipakai untuk menghancurkan mangsanya. Beberapa hewan yang jadi makanan ikan buntal adalah bulu babi, ganggang, udang, kepiting dan kerang-kerangan.

Bertahan dengan menggembung
Karena nggak terlalu jago berenang, ikan yang juga dikenal dengan nama puffer fish ini sering banget dapat ancaman. Makanya, supaya nggak jadi santapan ikan lain, ikan ini bertahan dengan cara memasukkan banyak air ke dalam tubuhnya dan menggembung. Ketika menggembung, ukuran tubuh ikan buntal bisa mencapai dua atau tiga kali lipat daripada ukuran normalnya. Ketika menggembung, duri-duri beracun pada tubuhnya pun keluar dan mengeras.

Racun kuat
Racun yang terdapat pada duri-duri ikan buntal ini bukan racun kelas bulu. Pasalnya, racun yang ada pada seekor ikan buntal bisa membunuh 30 orang dewasa, lho. Gawat kan? Makanya, kita harus hati-hati kalau bertemu ikan ini di laut. Anehnya, ikan ini justru dijadikan hidangan yang disebut Fugu di Jepang. Hidangan ini termasuk mahal karena butuh keahlian khusus buat memasaknya sehingga kita nggak meninggal keracunan setelah memakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar