Jumat, 05 April 2013

Lebih Peduli dengan 5 Cara
Gadis Aksi

Ada orang yang langsung melompat ke sungai atau kobaran api demi menolong orang lain. Ada juga yang mengabadikan hidupnya untuk mengajar orang-orang di desa terpencil. They are the real heroes! Kita bisa meneladani semangat orang-orang hebat itu dan mempraktekkannya dalam keseharian. Satu langkah sederhana dapat menjadi sangat berarti  bagi orang lain. Tunjukkan kepedulian dengan:
  • Berikan tempat duduk di bus untuk orang yang berusia lanjut, anak kecil, ibu hamil atau orang yang memerlukannya. Misalnya, yang sedang sakit atau membawa banyak barang.
  • Menyingkirkan barang yang bisa menimbulkan bahaya bagi orang lain. Misalnya, ada paku di jalan, plastik bekas di koridor sekolah, tumpahan air dan lainnya. Dengan merapikannya, kita bisa menghindarkan orang lain dari bahaya.
  • Ulurkan tangan dan bantu. Contohnya, jika ada orang yang antri di depan kita dan tasnya jatuh. Walau nggak kenal, bantulah dia.
  • Beri jalan. Diserobot memang nggak menyenangkan. Tapi lain halnya jika kita mendahulukan orang lain yang membutuhkan. Salah satu prakteknya adalah di antrian tempat fotocopy sekolah. Dahulukan teman yang tengah terburu-buru karena ia harus segera masuk kelas.
  • Bersikap mudah dengan orang yang melayani kita. Walau ada yang menyebutkan bahwa pelanggan adalah raja, namun alangkah baiknya bisa kita bisa meringankan tugas pramusaji/pramuniaga. Antara lain, dengan mengambil sendiri saos, tisue atau sedotan tambahan bila sudah tahu tempatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar