Selasa, 28 Januari 2014

Perahu Kertas

Kabar yang menyatakan bahwa novel Perahu Kertas akan dibuat filmnya ternyata benar. Pada 16 Agustus 2012, Perahu Kertas akhirnya bisa dinikmati secara visual. Difilmkannya Perahu Kertas banyak menimbulkan pendapat dari pembaca setia novelnya. Nggak heran, pro dan kontra pun bermunculan, apalagi setelah pemeran kedua tokoh utama, Kugy dan Keenan, diumumkan.


Menghadapi pro dan kontra ini, Hanung Bramantyo, sang sutradara sempat berpendapat. “Penonton film adaptasi novel adalah pembaca novel. Mereka datang ke gedung bioskop tidak sekedar menonton film, mengapresiasi ceritanya, alur, konstruksi dramatik, cinematografy ataupun akting aktor dan aktrisnya. Tapi, penonton datang ke bioskop untuk melakukan kroscek.  Penonton menjadi polisi yang siap melakukan investigasi sekaligus hakim bagi filmnya.”

Sebelum menonton filmnya, GADIS yang sudah jatuh cinta dengan tokoh Keenan dan Kugy merasa kecewa dengan pemilihan Maudy Ayunda sebagai Kugy dan Adipati Dolken sebagai Keenan. Rasanya, kurang pas saja. Mereka berdua, sangat berbeda dengan bayangan saat membaca novelnya.

Namun, rasa kecewa itu berganti saat akhirnya GADIS bisa melihat Perahu Kertas dalam bentuk visual. Gambar yang indah, musik yang bagus serta dialog lucu dari Eko (Fauzan Smith) dan Noni (Sylvia Fully R), dua teman Kugy dan Keenan mampu menepis rasa kecewa GADIS. Akhirnya, selama kurang lebih 2 jam berada di dalam gedung bioskop, rasa kecewa itu pun berubah menjadi rasa suka. Selama menonton itupula, kesadaran bahwa film dan novel adalah dua karya yang berbeda turut membantu rasa suka itu terbentuk.

Oh iya, buat yang belum membaca bukunya. GADIS akan menceritakan secara singkat mengenai sinopsis film yang skenarionya ditulis oleh Dewi “Dee” Lestari sendiri.
 Kugy dan Keenan  pertama kali bertemu di Bandung saat mereka sama-sama menjadi mahasiswa. Bersama dengan sahabat Kugy sejak kecil, Noni dan pacar Noni sekaligus sepupu Keenan, Eko, mereka menjadi teman akrab. Namun, keakraban di antara mereka berempat menjadi renggang karena Kugy dan Keenan diam-diam saling suka.


Kugy yang sudah punya pacar bernama Ojos (Dion Wiyoko) berusaha menjauh dari Keenan dengan menyibukan diri menjadi guru di Sakola Alit. Sementara Keenan yang sedang dekat dengan Wanda (Kimberly Ryder) juga sibuk dengan kegiatan melukisnya. Sampai akhirnya Kugy lulus kuliah, dia tidak pernah berhubungan lagi dengan Keenan, yang memilih serius menjadi pelukis dengan belajar pada seorang pelukis di Bali. Namun, setelah berbagai macam peristiwa, Keenan dan Kugy pun bertemu lagi dan keduanya berusaha mewujudkan mimpi mereka.

Perahu Kertas
Kategori: film bioskop
Sutradara: Hanung Bramantyo
Pemain: Maudy Ayunda, Adipati Dolken, Kimberly Ryder, Dion Wiyoko, Fauzan Smith dan Sylvia Fully R
Tanggal Rilis di Indonesia: 16 Agustus 2012
Produksi: Starvision, Bentang Pictures & Dapur Film

Asri – Foto: Dok. Starvision, Bentang Pictures & Dapur Film

http://www.gadis.co.id/gaul/try.it/perahu.kertas/001/008/483

Tidak ada komentar:

Posting Komentar